Bingung Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat Untuk Kamu? Ini Dia Tipsnya

Oleh:   yosuadniel yosuadniel   |   3/05/2017
Bingung Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat Untuk Kamu? Ini Dia Tipsnya
Bagi siswa SMA Kelas XII saat ini adalah waktu yang tepat untuk segera menentukan jurusan kuliah yang sesuai sebelum menghadapi ujian nasional maupun ujian SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

Dengan memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat akan mempermudah siswa dalam menjalani masa perkuliahannya kelak.

Berikut ini adalah beberapa langkah untuk memilih jurusan yang tepat sebagai bahan pertimbangan untuk menyambut masa perkuliahan yang akan dihadapi.

Menentukan Pekerjaan atau Karir Masa Depan

Usahakan memilih jurusan sesuai minat dan bakat. Siswa harus mententukan karier yang didamkan dan sesuai dengan jurusan yang dipilih serta cocok untuk karier tersebut.

Menelusuri Pilihan jurusan

Siswa diharapkan membuat daftar jurusan yang menarik dan mencari info lebih banyak tentang jurusan tersebut. Pilihlah jurusan yang paling banyak memenuhi kriteria jurusan idaman dan berkonsultasi dengan penasihat akademis di sekolah.

Mementingkan Kepentingan Pribadi

Perlu pertimbangkan pilihan jurusanyang sesuai dengan minat dan hobi. Pilihan jurusan yang sesuai dengan minat dan hobi akan membuat siswa nyaman dalam mengikuti perkuliahan.

Memeriksa Persyaratan

Siswa diharapkan mencari tahu persyaratan kuliah di jurusan tertentu dan pastikan Siswa mampu menjalaninya jika memilih jurusan tersebut.

Mengikuti Tes Penilaian Kepribadian dan Minat Karier

Siswa dapat melakukan tes kepribadian dan minat karier. Dan hasilnya dapat dijadikan panduan menentukan jurusan kuliah.

Melihat Lowongan Pekerjaan

Dengan melihat daftar lowongan pekerjaan, Siswa bisa mengetahui lulusan jurusan yang dicari perusahaan beserta kualifikasinya. Manfaatkan informasi ini untuk memutuskan jurusan kuliah apa yang akan dipilih.

Melanjutkan Kuliah Pascaarjana atau Tidak

Siswa mempertimbangkan untuk melanjutkan kuliah sampai ke jenjang pascasarjana, maka pilihlah jurusan yang sekiranya tidak memerlukan studi lanjutan di dunia kerja.


Mau tulisanmu dipublikasikan di zeebs.id? Ayo kirimkan artikel kamu ke zeebs.id@gmail.com

Tampilkan Komentar